PDKT via Chat Bikin Kamu Jatuh Cinta Sendirian, Kok Bisa?

“Namanya juga lagi jatuh cinta, dunia serasa milik berdua.”

Tentu kamu sering mendengar ungkapan seperti itu. Orang-orang sering beranggapan bahwa jatuh cinta pasti dialami dua orang yang secara intens dekat, tidak mungkin kamu bisa jatuh cinta sendirian.

Namun, di era digital ini muncul perubahan sistem PDKT. Dulu orang dapat berkenalan hanya dengan meminta nomor handphone atau bahkan alamat rumah, sedangkan saat ini kita cukup bertukar id aplikasi chat masing-masing atau bahkan menggoyangkan handphonenya untuk mengakses fitur people nearby. Melalui fitur chat ini, interaksi yang terjadi diwujudkan dengan cara yang berbeda, misalnya orang-orang yang PDKT melalui chat bisa berpelukan dan berciuman tanpa malu-malu dengan menggunakan emoji. Hal ini karena mereka merasa lebih ‘aman’ dan lebih berani karena tidak menghadapi lawan bicaranya secara langsung..

Eits, tapi hal-hal yang demikian juga nggak menjamin PDKT kamu pasti lancar lho. Sering kali, kemudahan ekspresi melaui chat ini justru bikin kamu jatuh cinta sendirian. Lho, kok bisa? Simak deh, 3 penjelasan berikut ini:

Kamu Jatuh Cinta Bukan pada Si Dia yang Asli

Sumber: Unsplash

“ Aku kan temen SMA-nya dulu, jadi udah pernah kenal…”

Dear, si dia memang memajang foto profil yang sesungguhnya dan tetap berperilaku seperti yang kamu kenal di dunia nyata. Tapi, dalam interaksi melalui chat, kamu nggak melihat dia yang sesungguhnya, melainkan imajinasimu atas dia. Ketika kamu membaca chatnya, sadar nggak sih kalau kamu seolah-olah membayangkan bagaimana cara dia berbicara, suaranya, dan juga ekspresi cutie yang kamu harapkan? Padahal sih, muka dia pas ngetik biasa aja.

Terdapat penjelasan ilmiah tentang hal diatas lho. Dalam percakapan yang dilakukan melalui chat akan terjadi solipsistic introjection. Interaksi yang kamu lakukan melalui chat dengan dia bikin kamu mudah mengidealisasikan sosok dia sehingga melebur dengan imajinasi yang ada dalam pikiranmu. Ini nih, yang bikin gampang baper. Bahaya!

Jangan Cuma Kode-Kodean Terus

Sumber: Unsplash

Biar nggak jatuh cinta sendirian, ada baiknya kamu mengurangi ketidakpastian hubunganmu dengan melakukan strategi yang dicetuskan oleh Berger dan Calbrese sebagai berikut:

  • Strategi pasif, dengan cara stalking linimasa si dia;
  • Strategi aktif, dengan cara memancing reaksi si dia melalui postingan kamu yang no mention;
  • Strategi interaktif, yang ini sih langsung tanya aja pendapat dia tentang kamu, biar jelas semuanya.

Kalau Terlanjur Galau, Gimana?

Sumber: Unsplash

Dear, bertepuk sebelah tangan pasti nggak enak. Apalagi kalau udah menerapkan strategi di atas, eh ternyata si dia emang nggak bener-bener suka sama kamu. Wah, galau berat deh. Tapi tenang dulu, meski kamu jatuh cinta sendirian, bukan berarti kamu juga harus galau sendirian. Kamu pasti bisa bangkit dan menemukan solusi untuk mengatasi kegalauanmu bersama ahli yang terpercaya di Riliv.

“Jangan galau sendirian, berat, kamu tak kan kuat.

Bareng riliv aja.”

Referensi

  1. Suler, John (June 2004). “The Online Disinhibition Effect”. CyberPsychology & Behavior.7: 321–326.
  2. Berger, C. R., Calabrese, R. J. (1975). “Some Exploration in Initial Interaction and Beyond: Toward a Developmental Theory of Communication”. Human Communication Research, 1, 99–112.

Diah Budiarti, seorang mahasiswi Psikologi biasa yang sering dikira nggak biasa.

Share

Recent Posts

4 Novel Patah Hati yang Dapat Memotivasi Kamu untuk Bangkit Kembali

Kamu sedang mengalami patah hati akibat putus cinta dan merasa sulit sekali untuk move on? Nah, untuk membantumu melupakan mantan,…

4 hours ago

Waspada! 11 Tanda Bahwa Kamu Memiliki Gangguan OCD

OCD adalah gangguan psikologis yang sering disalah artikan sebagai orang yang sangat menyukai keteraturan atau sangat menyukai kebersihan. Namun kenyataannya…

21 hours ago

Merasa Stres Tak kunjung Usai? Pahami 4 Cara Menghilangkan Stres Berkepanjangan!

Pasti banyak dari kita yang sering merasa stres dengan berbagai macam alasan, baik karena percintaan, karir, atau permasalahan diri yang…

1 day ago

Jenis-Jenis Phobia yang Mungkin Kamu Alami, Ternyata Ada yang Takut Menikah!

Bagi beberapa orang, takut terhadap hal yang irasional atau phobia harus dihadapi sehari-hari. Hampir setiap orang memiliki ketakutan tertentu pada…

2 days ago

Ingin Awet dengan Pasangan? Ini Cara Menjaga Keharmonisan Hubungan yang Bisa Kamu Terapkan!

Pertengkaran dalam suatu hubungan bukanlah perkara yang mudah untuk diatasi. Banyak hal yang menyebabkan kedua pihak merasa paling benar. Terlebih,…

3 days ago

Mempertahankan Rumah Tangga Tanpa Cinta, Mungkinkah?

Sebagian besar pasangan suami-istri mungkin menganggap tidak lagi ada cinta berarti tidak mungkin bagi sebuah pernikahan untuk tetap berlanjut. Eits…

4 days ago