Bosan Ngantor? Terapkan 5 Tips Ini Agar Kamu Lebih Mindful di Kantor

Bersikap mindful di kantor itu berarti bersikap secara sadar dengan apa yang kamu lakukan. Mungkin ini terdengar mudah bukan?Tetapi pengelolaan keadaan mental dan emosionalmu sedang diuji lho! Seperti keadaan seperti ini nih, dimana kamu sedang bekerja akan tetapi pikiranmu mengembara kemana – mana. Terdengar tidak asing bukan?

Nah… bagi kamu yang sering merasa seperti itu, mungkin ini salah satu hal yang patut kamu coba. Tapi gimana mau mencobanya kalo kamu selalu sibuk dengan tugas-tugas kantor? Jangan sedih dulu guys, nyatanya kamu masih bisa bersikap mindful kok di kantor. Berikut beberapa tips jitu untuk menjadi mindful di kantor. Let’s check this out!

Bersikap sadar untuk saat ini

www.pexels.com

Mindfulness itu untuk menjadi sadar dan terjaga. Dengan maksud agar kamu tidak bekerja secara tidak sadar. Ketika bekerja kamu harus sadar akan momen – momen yang terjadi disekitarmu dan apa yang terjadi didalam dirimu.

Agar lebih mudah, buatlah keputusan yang jelas diawal hari. Dan berikan jeda beberapa saat sebelum kamu memulai hari untuk bekerja. Hal ini berguna untuk membersihkan dan menetapkan niat dalam pikiranmu.

Latihlah mindful secara singkat

www.pexels.com

Melatih mindful itu sebenarnya melatih otakmu untuk lebih sadar. Semakin sering kamu berlatih maka semakin mempermudah otakmu untuk menemukan dasar kesadaranmu.

Akan tetapi bagaimana mencari waktu untuk melatih mindful ditengah – tengah kesibukan kerja?

Nah… melatih mindful sebenarnya dapat dilakukan sesingkat mungkin lho! Salah satunya dengan cara merasakan sensasi inderamu ketika bekerja. Karena ketika kamu mulai merasakan sensasi inderamu maka kamu tidak akan lagi tersesat didalam pikiranmu.

Baca Juga: Ketahui Pertolongan Pertama Stress pada Kerja!

Jadilah Single-Tasker

www.pexels.com

Cobalah lakukan satu hal pada satu waktu. Karena nyatanya ketika otakmu secara gila beralih dari satu hal ke hal lainnya, kamu akan kehilangan konsentrasi. Kebanyakan orang sudah tau jika multitasking itu tidak efektif.  Akan tetapi mengapa banyak orang masih melakukannya? Hal ini terjadi karena mereka merasa lebih produktif, walaupun sebernarnya tidak.

Beberapa hal ini bisa kamu lakukan untuk tetap berkonsentrasi seperti membuat jadwal, melatih mindful kembali disela – sela kerja, dan matikanlah sebanyak mungkin distraksi sebanyak yang kamu bisa.

Buatlah Mindful reminders

www.pexels.com

Banyak orang termasuk kamu itu suka lupa untuk menjadi mindful. Hal ini terjadi karena otakmu selalu pada mode normal, jadi kamu akan merasa hilang dalam pikiranmu sendiri. Nah… untuk mencegah itu maka kamu bisa melakukan beberapa cara nih. Seperti mengatur alarm di smartphonemu, menulis mindfulness didalam kalendermu, dan mengaitkan kegiatan tertentu seperti waktu makan atau meeting dengan kondisi mindful.

Buatlah stress menjadi temanmu

www.pexels.com

Ingin menjadikan stress sebagai teman? Ubah cara berpikirmu tentang stress! Sebagai gantinya, tubuhmu akan merespon hal ini dengan baik. Asal kamu tau, mindfulness itu dapat membantumu untuk mengubah persepsimu tentang berbagai hal. Jika kamu sedang menghadapi tantangan kerja, perhatikanlah bagaimana detak jantungmu dan pernapasanmu. Perhatikan respon tubuhmu ini dan ubahlah sikapmu. Tanggapilah stressmu secara positif daripada negatif. Dan yang terpenting, bersyukurlah bahwa respon stressmu itu memberi energi kepadamu.

Sampai disini mungkin kamu bisa mencobanya secara perlahan. Percayalah kamu akan bisa mengelola mental dan emosionalmu sendiri. Kamu hanya harus berdiri diatas itu semua agar kamu bisa mengontrol itu semua. Dan yang paling terpenting itu kamu harus tenang dan damai terhadap berbagai hal yang sedang kamu hadapi. Karena kamu tidak bisa mengontrol keadaan tapi kabar baiknya kamu bisa mengontrol dirimu sendiri. Stay positive, guys!

REFERENSI

https://www.mindful.org/10-ways-mindful-work/

KQ

Content Writer

Recent Posts

Religiusitas: Kenali Tahapannya, Nomor 6 Hanya 3 Orang yang Berhasil

Agama merupakan bentuk hubungan religiusitas antara individu dengan Tuhan yang ia percaya. Sejauh mana kita memahami Tuhan yang kita percaya,…

22 hours ago

Jenis Meditasi Seperti Apa Sih yang Cocok Untuk Kamu?

Mungkin saat kamu melakukan meditasi, kamu bingung. "Jenis meditasi apa sih yang cocok buat aku?" Nyatanya, tidak ada cara yang…

23 hours ago

Sering Bertengkar dengan Orangtua? Yuk Simak 3 Tips Berdamai Dengan Mereka

Apakah ada diantara anak yang sedang masuk dalam fase remaja tidak pernah bertengkar dengan orangtua? Apakah kalimat, “Dulu waktu jamannya…

2 days ago

Sering Menunda Pekerjaan? Ternyata Cuma Butuh 5 Detik Untuk Menghentikannya!

Hari ini, kamu punya tumpukan tugas yang menggunung. Deadline sudah semakin dekat, namun kamu tidak juga menyelesaikannya. Kamu bingung mana…

3 days ago

Kamu Anak Ke Berapa? Cek Fakta Tentang Kepribadian Menurut Urutan Kelahiran!

Anak pertama atau tertua itu lebih bisa jadi pemimpin, anak tunggal itu pasti manja, anak kedua mah gak pedulian orangnya.…

3 days ago

Anak Sering Bertengkar? Ketahui Fakta Berikut Sebelum Memutuskan untuk Memiliki Banyak Anak

Banyak pasangan suami istri menginginkan untuk memiliki lebih dari 1 anak. Khususnya bagi pasangan suami istri muda, tidak jarang mereka…

3 days ago