Categories: Anxiety Phobia

Bukan Phobia Santa Klaus, Ini Pengertian Claustrophobia!

Claustrophobia adalah ketakutan berlebih terhadap ruangan yang kecil/sempit dan kemungkinan untuk nggak bisa keluar dari sana. Ketakutan ini bisa dipicu banyak hal, misalnya elevator yang penuh sesak, ruangan yang nggak ada jendelanya, kamar hotel yang pintu dan jendelanya terkunci, mobil yang kecil, bahkan baju yang kerahnya ketat. Claustrophobia temasuk gangguan kecemasan yang sering kali menyebabkan serangan panik.

Siapa yang Mengalami Claustrophobia?

Photo by Helena Lopes on Unsplash

Studi menemukan sekitar 5-7% populasi dunia menderita claustrophobia akut, tetapi hanya sebagian kecil dari mereka yang menerima perawatan khusus untuk gangguan ini.

Gejalanya apa aja sih?

Photo by Benjamin Balázs on Unsplash

Ada dua macam gejala yang secara umum dimiliki seorang claustrophobic, yakni ketakutan akan pembatasan dan ketakutan mati lemas. Seorang claustrophobic biasanya takut sama setidaknya satu atau lebih dari hal-hal berikut: ruangan sempit, ruangan yang dikunci, alat scanner MRI/CAT, mobil, pesawat, kereta, terowongan, gua bawah air, gudang bawah tanah, elevator, dan gua.

Claustrophobic juga takut sama hal-hal yang remeh seperti takut ngantri di barbershop atau minimarket karena merasa bahwa mereka bakal kekurangan udara!

Baca juga: Jangan Takut Dulu – 9 Karakteristik Psikopat yang Perlu Kamu Tahu!

Apa aja yang bisa bikin kamu jadi seorang Claustrophobic?

Photo by Carlo Villarica on Unsplash

  1. Ada permasalahan di otak kamu, tepatnya di amygdala (bagian otak yang mengatur respon fight-or-flight terhadap suatu rangsangan).
  2. Pengalaman traumatis masa kecil (atau -lebih jarang- pengalaman masa dewasa ), terutama berkaitan dengan terkunci di kotak, lemari, jatuh di kolam yang dalam dan tidak bisa berenang, terpisah dari ortu saat di tempat ramai, ditinggal di dalam mobil, dan pengalaman sejenis lainnya.

Baca juga: Merasa Tidak Nyaman? Ini 12 Ciri-Ciri Orang Iri yang Harus Kamu Ketahui!

Perawatan untuk Penderita Claustrophobia

Photo by rawpixel on Unsplash

Perawatan khusus yang diterima seorang claustrophobic antara lain terapi kognitif (tujuannya adalah mengubah pola pikir penderita agar berkurang ketakutannya), in vivo exposure (penderita dihadapkan pada sumber ketakutannya secara bertahap), dan interoceptive exposure (sensasi internal yang dirasakan penderita coba dihadirkan oleh terapis dalam lingkungan yang tidak sekuat in vivo).

Baca juga: Cara Bergaul yang Baik Agar Terbebas dari Toxic Friendship!

Nah, gimana? Udah tahu kan apa itu claustrophobia dan hal-hal seputar itu? Yap, semoga bisa membantu ya dear dalam memberikan informasi buat kamu dan orang tersayang. Ingat! Kalau merasa dirimu atau orang terdekat mengalami gejala seperti di atas, jangan ragu menghubungi psikolog profesional yaaa~

Referensi:

  1. “Claustrophobia”. Merriam Webster.
  2. Öst, “The Claustrophobia Scale
  3. Choy, Yujuan, Abby J. Fyer, and Josh D. Lipsitz. “Treatment of Specific Phobia in Adults.” Clinical Psychology Review 27.3 (2007): 266–86.
  4. Rachman, “Claustrophobia”, in Phobias: A Handbook of Theory, Research, and Treatment. 168

Diah Budiarti, sedang phobia tugas dan ujian tengah semester.

Share

Recent Posts

Cemas itu Bermasalah? Kiat-Kiat Mengatasi Kecemasan yang Bisa Kamu Lakukan

Dear, cemas tentang hal-hal yang umum seperti berbicara di depan publik untuk pertama kali, mau nembak gebetan, atau bertemu calon mertua…

55 mins ago

Feeling hesitate with Online Counseling? Check This Out!

New technology is not easily accepted by the public. Some big innovations like Google, Amazon, or Facebook used to be…

1 day ago

Musik Dapat Membantumu Atasi Rasa Gelisah!

Musik merupakan alat yang sangat ampuh untuk mengatasi rasa gelisah yang sering menghampiri. Kebanyakan orang suka mendengarkan, bermain, atau bahkan…

2 days ago

Mengapa Kita Harus Berterima Kasih Kepada Asian Para Games 2018

Walaupun telah usai, semarak Asian Para Games 2018 masih terasa hingga sekarang. Mengusung tema 'The inspiring spirit and energy of Asia', Asian…

3 days ago

Millenial Wellness Day: Hari Spesial untuk Generasi Spesial

“Tidak ada generasi yang lebih baik generasinya, tidak bisa dihakimi, ada dinamikanya masing-masing.” Itulah sepenggal kalimat dari sambutan yang diberikan…

3 days ago

5 Kemampuan Unik Ini Dimiliki Orang Pendiam!

Kamu seorang Introvert atau Ekstrovert? Pertanyaan yang sulit dijawab bukan? Dipaksa untuk memilih sesuatu yang sudah didefinisikan terlebih dahulu merupakan…

3 days ago